Daftar Sepuluh Spesies Baru 2009

Arizona: Setiap tahunnya, International Institute for Species Exploration di Arizona State University, Arizona, Amerika Serikat mengumumkan sepuluh daftar spesies baru yang terpilih oleh berbagai komite ahli dari seluruh dunia. Berikut daftar sepuluh spesies baru 2009 seperti diwartakan situs www.msnbc.com.
1. Ular terkecil di dunia Spesies ini bernama Leptotyphlops atau ular benang Barbados. Ular yang hanya berukuran 4,1 inci atau sekitar 104 milimeter ini ditemukan di negara kepulauan Barbados. 2. Palem raksasa. Pohon berukuran besar ini tumbuh terkonsentrasi di kawasan kecil barat laut Madagaskar. Pohon ini memproduksi bunga dalam jumlah yang sangat banyak. Setelah berbuah, pohon ini akan mati dan tumbang. Tak lama setelah pohon ini dipublikasikan sebagai peringkat sepuluh dunia, bibitnya dibagikan ke sejumlah komunitas pencinta palem. 3. Serangga terpanjang di dunia Berbentuk seperti tongkat dengan panjang tubuh 14 inci (35,6 sentimeter) dan panjang keseluruhan 22,3 inci (56,7 sentimeter), Borneo`s Phoebaeticus chani menjadi serangga terpanjang di dunia sampai saat ini. 4. Kuda laut terkecil di dunia Hippocampus satomiae atau disebut juga kuda laut kerdil Satomi berukuran 0,54 inci (13,8 milimeter) dan tinggi 0,45 inci (11,5 milimeter). Binatang imut ini ditemukan oleh instruktur menyelam Satomi Onishi di pulau Derawan, Indonesia. 5. Siput hantu Siput berpenampilan pucat dan misterius ini dinamakan Selenochlamys ysbryda. Nama "ysbryd" berasal dari bahasa Welsh yang berarti hantu atau arwah. Spesies aneh yang ditemukan di Cardiff, Wales, ini aktif di malam hari dan bersifat predator. 6. Keong bercangkang kompleks Keong dari kelas Gastropoda yang bernama Opisthotoma vermiculum ini telah mengalami evolusi morfologikal yang aneh sehingga cangkangnya berbeda dengan keong lain. Keong yang ditemukan di Malaysia ini memiliki empat sumbu koil. Berbeda dengan keong biasa yang maksimal hanya memiliki tiga sumbu koil. 7. Ikan sepupu "Nemo" The Deep Blue Chromis atau Chromis abyssus adalah ikan yang hidup di laut dalam di perairan Pasifik selatan, dekat dengan pulau Palau's Ngemelis. Ikan ini berwarna biru dan berpenampilan mirip dengan tokoh animasi film Finding Nemo. 8. Fosil ikan purba zaman Devonian Fosil ini diketahui sebagai vertebrata tertua dari masa Devonian. Fosil yang baru diberi nama Materpiscis attenboroughi belakangan ini ditemukan di wilayah selatan Australia. Berdasarkan penelitian, ikan ini hidup sekitar 380 juta tahun silam. 9. Kopi bebas kafein Buah kopi bernama Charrier coffee atau Coffea charrieriana ini adalah jenis kopi pertama di dunia yang bebas kafein. Kopi ini ditemukan di Kamerun, daerah yang terkenal dengan keanekaragaman jenis kopi. 10. Bakteri Hairspray Ilmuwan di Jepang menemukan spesies baru bakteri kelas extremophile bacteria yang sekarang dikenal bernama Microbacterium hatanonis di tempat yang tidak terduga, dalam sebuah penyemprot rambut (hairspray) tak terpakai. Bakteri ini diduga para ilmuwan mampu bertahan hidup sebagai kontaminan pada zat kimia yang terkandung dalam hairspray. Saat ini, penelitian tengah dilakukan untuk mengetahui bakteri ini berbahaya atau tidak bagi manusia.(ANS/MSNBC)

0 komentar:

Posting Komentar

FotoQ

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Inspirasiku |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.