Soal Publikasi Elektronik, UGM Peringkat Pertama Nasional

Jakarta: Webometrics meluncurkan daftar peringkat perguruan tinggi atau PT terbaik dunia. Pada situs www.webometrics.info, Universitas Gadjah Mada kembali menempati peringkat satu di Indonesia. Dalam daftar 100 terbaik Asia Tenggara, Indonesia menyumbang 17 perguruan tinggi. Selain UGM yang berada pada peringkat delapan, Institut Teknologi Bandung menempati peringkat 10. Disusul kemudian Universitas Indonesia (17), Universitas Kristen Petra (19), Universitas Gunadarma (24), Universitas Negeri Malang (28), Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS (31), dan beberapa yang lain.
Dalam rilis UGM yang diterima redaksi Liputan6.com, Jumat (12/2), peringkat terbaik di Indonesia ini berhasil dipertahankan oleh UGM. Sebelumnya, 2008 dan 2009, UGM berada pada posisi pertama Indonesia. Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol. Lembaga ini dua kali dalam setahun mengeluarkan daftar peringkat, yakni pada Januari dan Juli. Webometrics memeringkat perguruan tinggi atas dasar keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam <>idomain web masing-masing perguruan tinggi. Untuk mengukur keunggulan tersebut digunakan empat indikator, yakni Size (S) atau jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web PT dan Visibility (V) atau jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain PT yang dinilai. Dua lainnya, Rich Files (RF) atau relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi PT tersebut dan Scholar (Sc) atau jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain PT. Data yang dikumpulkan dengan empat indikator tersebut diolah dan digunakan untuk memeringkat 8.000 PT dari seluruh dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

FotoQ

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Inspirasiku |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.